UI GreenMetric adalah sebuah inisiatif yang berasal dari Universitas Indonesia (UI) yang bertujuan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja keberlanjutan lingkungan universitas di seluruh dunia. Program ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2010. Tujuan utama dari UI GreenMetric (UIGM) adalah untuk memotivasi universitas-universitas di seluruh dunia untuk berkomitmen pada praktik-praktik keberlanjutan dan mengintegrasikan aspek-aspek lingkungan dalam kebijakan dan aktivitas kampus mereka. Barakallah, Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta kembali naik peringkat di pemeringkatan Internasional UIGM 2023.

Penilaian dalam UI GreenMetric mencakup berbagai kriteria, seperti pengelolaan energi dan perubahan iklim, pengelolaan limbah, air, transportasi, dan pendidikan keberlanjutan. Universitas yang berpartisipasi diharapkan untuk menyediakan data dan informasi terkait praktik keberlanjutan yang mereka lakukan.

Hasil penilaian UI GreenMetric disusun dalam bentuk peringkat global universitas-universitas terkait keberlanjutan lingkungan. Program ini telah menjadi salah satu alat untuk mendorong pertukaran pengetahuan dan pengalaman dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan di lingkungan perguruan tinggi.

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta mengikuti pemeringkatan nasional dan universitas UIGM sejak tahun 2021 hingga saat ini dan terus berprogres meningkat dari dari 44 menjadi 42 di tingkat nasional, dari 518 meningkat menjadi 451 di tingkat internasional. Hasil ini tentu tidak terlepas dari kerja keras serta dukungan seluruh tim Task Force UIGM 2023 ini maupun seluruh civitas akademika UNISA Yogyakarta yang memberikn dukungan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pencapaian ini tentu saja mendukung terhadap pencapaian indikator Kinerja Utama (IKU) UNISA Yogyakarta, yang akan berdampak terhadap akreditasi baik level Institusi maupun Program Studi.

Bravo UNISA Yogyakarta!!